Wednesday, October 3, 2012

Trading Emas / Gold Online Lebih Praktis Dan Aman


Emas atau gold merupakan komoditas yang paling diminati untuk investasi oleh banyak orang, kenapa ? Bisa dibilang emas harganya terus naik dari waktu ke waktu. Belakangan ini Trading emas / Gold bisa dibilang lagi Booming di dunia Investasi. Orang yang tadinya investasi emas batangan / investasi gadai emas mulai beralih ke trading emas / gold secara online. Prinsipnya sih gak jauh beda dengan Gadai emas atau Investasi Emas online.

Perkenalan tentang emas :
Emas dikenal sebagai alat investasi yang selalu menguntungkan. Orang membeli emas untuk melindungi nilai mata uangnya yang terkena resiko inflasi. Karena Emas dikenal tidak pernah turun harganya, maka hal ini baik untuk melindungi nilai asset mereka.

LOCO LONDON
Di dalam pasar komoditas istilah "Loco" berarti "di". Berasal dari bahasa latin Locus yang berarti tempat. Loco London merepresentasikan basis perdagangan dan penyelesaian emas dan perak internasional di London. Pelaksanaan pasar ini di bawah naungan London Bullion Market Association (LBMA).

Di London, emas dan perak diperdagangkan oleh anggota-anggota London Bullion Market Association (LBMA), diawasi oleh Bank of England. Sebagian besar anggota-anggotanya adalah bank-bank internasional atau bullion dealer dan sejumlah refiner raksasa.

Di tahun 1975, America NewYork Commodity Exchange COMEX memulai perdagangan forward emas, menjadi sentral perdagangan forward emas dunia. Kini, pasar berjangka emas New York menggantikan status pasar di London dalam mengatur harga emas dunia. Alasan mengapa hal ini terjadi? New York Mercantile Exchange menangani transaksi produk energi dan logam maupun komoditi lainnya senilai milyaran USD yang diperjual belikan di lantai bursa dan juga dengan menggunakan sistim perdagangan elektronik yang lebih baik.

Komoditi yang diperdagangkan di New York meliputi : Aluminum, Batubara, Tembaga, Minyak mentah, Tenaga listrik, Bensin, Emas, Minyak bakar, Gas alam, Paladium, Platinum, Propana, Perak.

Di Indonesia, transaksi nilai emas dunia direstui oleh Bappebti sesuai dengan Surat Keputusan No 72 September 2009. Secara resmi transaksi ini diperdagangkan dengan cara membeli atau menjual kontrak emas sesuai dengan standar ukuran dunia, yaitu per 100 troy ounce per lot atau ekuivalen dengan 3,1 kilogram emas.

Secara umum, jika seseorang mengatakan membeli atau menjual 1 lot pada kontrak emas, individu tersebut akan memiliki transaksi yang sama seperti seseorang yang membeli emas 24 K seberat kurang lebih 3,1 kilogram (nilainya hampir mendekati Rp 1 M.)

Review 3 macam tipe investasi emas
Dari pengalaman saya, ada 3 macam model investasi emas, yaitu sistem gadai shyariah, jual beli emas fisik model antam, dan trading emas online.

Gadai syariah, biaya titip nya sangat mahal (biaya titip gadai emas di bank syariah adalah Rp 150 per gram per hari, jika 310gram maka Rp 46.500/hari )

Jual beli emas antam, ketika harga emas sedang turun, kita mau beli dibilang harganya habis, kalau harga sudah terlalu tinggi secara tiba2 ada stok.

Trading Emas Online. Modelnya kita beli kontrak emas lewat broker, emas fisiknya di simpan oleh Bullion Association di London. Harga emasnya mengikuti New York Merchantile Exchange (pasar komoditas emas terbesar di dunia) di Amerika. Kalau ini biaya titipnya lebih murah, dan tidak ribet, bisa trading dari rumah sewaktu - waktu.

Dari ketiganya itu, yg paling praktis adalah trading emas online. Dan musti hati-hati kalau milih brokernya, dan yg paling utama adalah keamanan dan kemudahan penarikan modal.

Kelebihan Trading Emas Online :
1. Modal awal untuk trading emas cenderung kecil dari pada investasi emas batangan / gadai emas.
2. Transaksi nilai emas (XAU/USD) ini berjalan secara 24 jam
3. Emas yang diperjualkan dijamin oleh Bank yang berada di London (Emas fisiknya disimpan di London)
4. Broker yang menyediakan product Gold (XAU/USD) menyediakan analisa pergerakan harga emas yang       diupdate tiap hari.
5. Untuk proses deposit (menanamkan modal) dan Withdrawal (menarik keuntungan) lebih mudah, karena beberapa broker menggunakan Bank Local untuk proses transaksi.
6. Deposit dan WIthdrawal bisa kapan saja, 24 jam sehari.
7. Harga emas mengikuti patokan harga emas di Philadelphia Gold and Silver Index (pusat perdagangan emas di dunia) , yang artinya tidak direkayasa dan fair.
8. Untuk trading online, harganya uptodate senin 06:00 sampai sabtu 03:30/04.30. Sedangkan di rumah gadai tidak selalu uptodate, ketika harga turun kita mau beli dibilang barangnya abis.






Ilustrasi Trading Gold/Emas Online

Loco London / Emas saat ini berada pada kisaran harga $1.500 –$ 1.800/troyonz. Prediksi yang berkembang dipasar untuk perdagangan tahun 2012 ini adalah harga emas akan mencapai titik terendah di kisaran $1.500/troyonz dan akan mencapai titik tertinggi di kisaran $1.950/troyonz

Ilustrasi Trading Loco London

Investor dengan margin $10.000 Pada jam 06.15wib ambil posisi Open BUY 1 lot pada harga 1550, investor menginginkan profit 5 poin., maka diorder liquid pada harga 1555.  Pada jam 08.13 wib harga naik ke 1557.50.  karena harga sudah melampaui harga order liquid, secara otomatis posisi sudah terliquid.
Perhitungan profitnya:
=[ ( Selling Price – Buying Price ) x Contract Size x n Lot ] - [ ( Fee US $ 10 + VAT ) x n Lot ]
= [(1555 – 1550) x $100 x 1 lot] – [($10+1) x 1 lot]
=[5 x 1 x $100] – [$11x 1]
= $500  - $11
= $ 489 (Profit Bersih)

Margin setelah transaksi = $10.000 + $489 = $10.489 (saldo akhir)
Hari kerja dalam 1 bulan = + 20 hari, maka profit yang didapat selama 1 bulan adalah
= profit x 20 hari kerja
= $489 x 20
= $9780 (setara dengan Rp 97.800.000 atau keuntungan mencapai  97% dalam 1 bulan)

Investasi  emas batangan atau gadai tidak akan bisa memberikan keuntungan sebesar yang mampu dicapai dalam trading online.



Info lebih lanjut hubungi :




PT. RIFAN FINANCINDO BERJANGKA Cab. Solo                         
Ruko Solo Square No. 5,6, dan 7
Jl. Slamet Riyadi No. 451 - 455, Surakarta 57145
www.rf-berjangka.com

Contact person :
BUDI HARTANTO (Tanto Mc)
Marketing
HP : 0813 1746 0106 / 0878 3649 4548





1 comment:

  1. Selamat Siang,
    saya sudah membaca blog anda, sangat mudah di pahami dan saya sangat tertarik untuk bekerja sama dengan anda, kami dari Forexmart menawarkan kerja sama affiliasi yang sangat menguntungkan untuk anda, jika anda berminat dan tertarik dengan penawaran ini bisa menghubungi email saya di hellokittykucing89@gmail.com dan saya akan memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai penawaran kerjasama ini.
    Terima Kasih dan salam sukses untuk anda

    ReplyDelete